Asal Usul Es Krim Dari Mana?
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Es Krim Diamond - kami menerima pesanan untuk pernikahan, khitanan, ulang tahun, acara keluarga, arisan, kantor, acara sekolah, dan acara resmi lainnya. Dilengkapi dengan pramusaji dan pendingin berupa coler box untuk menjaga es krim diamond ember supaya tetap dalam keadaan beku.

Katalog Es Krim Diamond

Es Krim Paket Pernikahan

Es Krim Paket Pernikahan

Rp400.000

Es Krim Paket Express

Es Krim Paket Express

Rp350.000

Es Krim Paket Hemat

Es Krim Paket Hemat

Rp300.000

Es Krim Ember 8 Liter

Es Krim Ember 8 Liter

Rp280.000

Es Krim Cup Diamond

Es Krim Cup Diamond

Rp4.000

Asal Usul Es Krim Dari Mana?

Konten [Tampil]

Asal usul es krim perlu kita edukasi pula supaya dapat menambah pengetahuan kita semua terkait dari mana asal usul es krim yang sebenarnya. Jangan sampai menikmati santapan ini setiap hari, namun tidak tahu dari mana asalnya.

Sejak pertama diperkenalkan, es krim memang sangat disukai masyarakat. Rasanya begitu segar, sehingga cocok untuk kita santap dalam segala suasana.

Tidak terbatas pada kalangan anak kecil saja lho, tetapi sajian pasta dingin ini seringkali menuai minat para pecinta minuman dingin. Sehingga remaja dan orang tua pun begitu menyukainya sampai hari ini.

Karena rasanya terkesan istimewa, kudapan dingin ini sangat ideal untuk sajian segala hal. Mulai dari konsumsi harian, saat sedang duduk santai, sampai sebagai sajian penunjang acara. Es krim paket pernikahan diamond misalnya, yang selalu menjadi dambaan semua orang. 

Lantas dari mana asal usul minuma pasta beku ini? Yuk segera simak ulasan yang sudah kami petik dari beberapa sumber berikut ini!

Asal Usul Es Krim Dari Mana

Asal usul es krim

Menurut informasi yang berhasil kami himpun, es krim pertama kali lahir dari Rhoma. Yaitu, tepatnya di Italia, atas titah kaisar nero yang kala itu mendambakan minuman pasta beku dingin dan segar. Bermula dari itulah, es krim pertama kali diciptakan.

Awalnya, perpaduan rasanya hanya salju, madu, sirup dan nektar saja. Lalu karena dirasa cukup minim, penjeljah bernama Marco polo juga ikut serta menyebarkan sajian es krim ini berupa embrio sekitar abad ke 13 lalu.

Marco polo, dalam upayanya memperkenalkan minuman pasta beku ini hanya berbekal bonhkahan es. Dia membuatnya dari air yang sebelumnya ia bekukan lalu ia pergubakan sebagai campuran dalam sajian minuman. Dan bermula dari itu pula, penduduk asli Asia memanfaatkannya hingga ribuan tahun lamanya.

Asal Usul Es Krim Di Benua Amerika

Asal Usul Es Krim Di Benua Amerika

Khusus di wilayah benua Amerika, asal usul minuman ini pertama kali terlibat pada tahun 1700 yang kala itu berada dalam pimpinan gubernur Maryland, Amerika serikat melalui sajian khusus terhadap para tamunya. Tidak diketahui secara pasti dari mana asal minuman tersebut, sebab pada tahun tersebut dikabarkan belum tersedia kios maupun penjualnya.

Lalu setelah 76 tahun kemudian tepatnya di kota New York, kios es krim pertama mulai dibuka. Lalu pada saat bersamaan, semua penduduk di negara perancis pun merasa terkejut dan senang melihat adanya sajian pasta beku tersebut.

Sejak itulah, es krim mulai dikenal banyak orang. Bahkan hampir semuanya menganggap bahwa es krim hadir sebagai sajian pasta dingin pencuci mulut. 

Dalam beberapa tahun, akhirnya banyak yang memanfaatkan minuman tersebut sebagai sajian pencuci mulut. Khususnya pada saat jamuan resmi dalam acara gedung putih.

Sebelum berwujud pasta seperti sekarang, dulu penyajian es krim masih ala kadarnya "Hanyalah berupa es serut" yang jelas berbeda seperti saat ini.

Asal Usul Es Krim Dari Imigran Italia

Asal Usul Es Krim Dari Imigran Italia

Karena dianggap bahwa bentuk es serut tidak fleksibel, maka terjadilah perubahan bahan bakunya. Perubahan itu terjadi pada abad ke 19 oleh golongan imigran dari Italia yang diyakini sebagai pemilik resep es krim yang singgah di amerika untuk membuka kios pertamanya.

Pada saat itu, terjadilah perubahan ekperimen tentang bahan baku serta bagaimana cara membuat es krim yang terkesan moderen seperti pemanfaatan bahan susu.

Rekomendasi: Es Krim Berbahan Susu terbaik yaitu Diamond 8 liter Neopolitan Chocohips

Diketahui, pelopor paling terkenal saat itu adalah Italo Marchiony, yang termasuk seorang pedagang. Ia memproduksinya sendiri di Wall street, tepatnya pada tahun 1903. Dalam penyajiannya, Marchiony memanfaatkan irisan waffle sebagai topingnya.

Sejak itu pula, asal usul es krim pun semakin bervariasi jenisnya. Salah satu rasa rasa es krim yang paling mencolok pada masanya adalah es krim dengan campuran air dan soda plus sirup. Namun kali ini pencetusnya bukanlah Marchiony, tetapi Robert M. Green.

Jenis es krim tersebut, ia jual seharga $6 di Philadelphia. Meskipun terbilang mahal, Robert berhasil menghabiskan 100 porsi gelas es krim soda setiap harinya.

Asal Usul Es Krim Sundae

Pernah mendengar nama dari produk satu ini? Nah asal usul dari minuman segar pasta tersebut mungkin juga masih bersifat rahasia, khususnya di Indonesia. Padahal, keberadaanya sudah sangat populer.

Penawaran terbatas!
Bubuk es krim sundae
Yuk bikin es krim sundae sendiri di rumah dengan bubuk es krim premium vanilla soft ice cream kemasan 1 Kg ini?

Tahukah anda? Asal usul es krim sundae ini bermula dengan munculnya tren tentang es krim soda yang terjadi di negara Inggris. Di negara tersebut, hampir setiap minggu menjajakan miniman pasta semacam ini. Tak lama setelah itu, nama "soda" pun berganti menjadi Sundae. Tepatnya pada tahun 1843 lalu seriing bahan pembuatannya yang tak lagi memanfaatkan soda, namun beralih mengutamakan bahan sirup cokelat.

Asal Usul Pemilik Pabrik Es Krim Pertama Di Dunia

Pabrik es krim pertama
Pabrik es krim pertama di dunia (source: National Photo Company Collection/preservationmaryland.org)

Setelah soda tidak lagi dimanfaatkan sebagai bahan dasar es krim, tepat 8 tahun setelahnya, Jacob Fussell di klaim sebagai salah satu pemilik pabrik es krim pertama kalinya di dunia. Kabarnya, ia mendirikan pabrik tersebut di Baltimore Amerika.

Menariknya, Fussell juga merintis dengan memberi banyak opsi kepada pelanggan dengan memberikan berbagai varian rasa es krim. Hampir semuanya bervariasi rasa buah seperti stroberi, rasberi, vanilla sampai cokelat.

Lalu seiring peradaban es krim moderen, muncullah berbagai varian rasa yang sudah diperkaya. Variasi rasa tersebut bermula pada dekade tahun 1980 sampai 1990-. Rasa paling tren kala itu adalah Oreo cookies, chocolate chip dan neapolitan.

Lalu pada era yang sama, asal usul toping es krim pun mulai terlihat. Banyak penjual dan pemilik resep memanfaatkan sirup cokelat sebagai toping es krim guna menambah kesan mewah pada minuman pasta satu ini.

Seiring berjalannya waktu dan seusai adanya penambahan toping, asal usul sajian penutup pun mulai terlihat. Ya, es krim lah sajiannya. Banyak golongan masyarakat kala itu menyajikannya sebagai menu penutup. Beberapa negara yang kerap menyajikannya adalah Amerika, Denmark, Selandia Baru dan Australia. Beberapa negara tersebut dinobatkan dalam nominasi tertinggi sebagai pecinta sekaligus penduduk tertinggi yang mengonsumsi es krim.

Asal Usul Hari Es Krim Nasional

Asal Usul Hari Es Krim Nasional

Tak terlepas dari tingginya penduduk pada negara penikmat es krim terbanyak seperti kami sebutkan sebelumnya, beberapa negara pun menetapkan hari es krim nasional.

Berdasarkan informasinya, hari es krim nasional itu dapat dikenang berdasarkan hari kemerdekaan untuk setiap negaranya. Negara tersebut mencakup Amerika, Denmark, Selandia Baru dan Australia.

Sedangkan jika beralih ke varian rasa, jelas sampai hari ini vanilla menempati posisi paling terfavorit. Lalu rekomendasi selanjutnya yatu cokelat, stroberi, butter pecan, neopolitan, chocolate chip, hingga rasa oreo cookies.

Negara Amerika sendiri termasuk salah satu negara dengan penduduknya yang menganggap bahwa bahan dasar susu untuk es krim terlalu memgandung lemak berlebihan. Sehingga, negara tersebut hanya memanfaatkan maksimal 10% saja supaya masuk dalam kategori sajian rendah lemak.

Asal Usul Es Krim Neopolitan Dikenal Banyak Masyarakat Indonesia

Es krim diamond neopolitan
Asal usul Es krim diamond neopolitan mulai dikenal oleh masyarakat indonesia

Berawal munculnya agen diamond yang fokus pada pemasaran produk secara real-time langsung ke konsumen. Produk tersebut mencakup 1 tipe kemasan saja, yaitu 8 liter neopolitan chocohips. Dari sinilah asal usul mulai terlihat.

Dalam satu depot, biasanya menampung 10 sampai 30 orang. Semuanya memiliki peran sebagai hawker. Tugas mereka adalah, menjual  kudapan tersebut langsung ke konsumen dengan tipe produk reguler. Tentu saja es krim ini berbeda dari neapolitan. Sebab, Neopolitan hanya bisa kalian temukan di beberapa agen es krim terdekat.

Para hawker menjajakan es krim ini dengan sistem keliling dan eceran. Sering banyaknya juamlah agen, maka jumlah hawker pun semakin banyak. Semuanya tersebar luas dan hampir terlihat disetiap sudut kota maupun pedesaan. Berawal dari inilah asal usul namanya mulai membumbung.

Orang-orang mulai mengenalnya langsung dari pihak penjual. Selain itu, mereka juga mengenal nama es krim tersebut setelah agen es krim diamond jakarta "trendfidi" merilis artikel dalam beberapa media online, termasuk pula situsnya.

Dalam review publikasinya, trendfidi selalu memprioritaskan nama es krim diamond neopolitan 8 liter chococip. Sehingga nama produk tersebut pun semakin terkenal di seluruh indonesia.

Catatan!

Informasi asal usul es krim ini dihimpun dari beberapa sumber media. Sedangkan asal usul es krim neopolitan sendiri bersumber langsung dari agen es krim terpercaya di Jakarta. Bagaimana tanggapan kalian tentang materi asal usul ini? Yuk bagikan artikel ini guna mengedukasi banyak orang!